Bupati Natuna Wan Siswandi MoU Dengan Universitas Pertamina, 15 Orang Anak Natuna Kuliah Gratis

Bupati Natuna Wan Siswandi Tandatangani MUO Kerjasama Dengan UniVersitas Pertamina

Kupasonline. Com, Natuna-Semenjak dilantik Bupati dan Wabup Natuna, Siswandi dan Rodhial bekerja keras untuk meningkatkan berbagai sektor di tengah keterpurukan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Salah satu sektor yang digenjot adalah bidang pendidikan. Dimana Pemerintah daerah berjuang menjalin kerjasama dengan berbagai Universitas dibawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Intinya, bagaimana agar supaya anak Natuna yang berprestasi bisa mengenyam pendidikan secara gratis di berbagai kejuruan dan lembaga pendidikan tinggi.

Kegigihan pemerintah kabupaten Natuna untuk memperjuangan anak daerah agar dapat mengenyam pendidikan gratis di Universitas BUMN akhirnya berbuah manis.

Bupati Natuna bersama pihak Pertamina Foundation foto bersama usai penandatanganan MoU

Satu per satu instansi yang dikunjungi memberikan jawaban pasti untuk menyepakati kerjasama. Kini puluhan putra-putri terbaik Natuna akhirnya diterima, mulai dari Politeknik perminyakan hingga kedokteran.

Yang terbaru, pada Senin 8 Mei 2023, sebanyak 15 orang anak daerah kembali diterima kuliah gratis di Universitas Pertamina Jakarta. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilaksanakan di hotel Nagoya Hill, Batam, Kepulauan Riau.

MoU tersebut ditandatangani oleh Bupati Natuna Wan Siswandi dengan Direktur Operasi Pertamina Foundation Yulius S. Bulo, disaksikan Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Pertamina Muhammad Husni Mubarak, dan Senior Manager PMLO Pertamina Foundation Rohmat Puji Purnomo.

Sejatinya, penandatanganan MoU dilakukan untuk membentuk komitmen bersama dalam pengembangan SDM Natuna di Universitas Pertamina dengan alokasi 15 orang putra putri yang terbaik melalui seleksi ketat.

Bupati Natuna Wan Siswandi mengatakan, putra-putri daerah mendapatkan kesempatan kuliah gratis ini diharapkan menjadi agen transformasi bidang Geologi, Perminyakan, Administrasi, dari 15 jurusan yang ada di Universitas Pertamina Jakarta.

“Kepada anak-anak kita yang diterima kuliah gratis di Universitas Pertamina Jakarta, agar benar-benar memanfaatkan kesempatan ini untuk menimba ilmu, jangan pernah menyia-nyiakannya,” ungkap Siswandi.

Orang nomor satu di kabupaten berada di perbatasan Indonesia dengan negara Asean ini menghendaki, agar kedepannya putra Natuna bisa kembali ke daerah dengan bekal ilmu yang mumpuni.

“Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terimakasih untuk pimpinan Pertamina. Sebab, Natuna diberikan alokasi yang cukup banyak yaitu 15 orang. Sementara alokasi untuk daerah lain biasanya hanya 7 orang,” ungkap Siswandi.

Wan Siswandi berharap, melalui beasiswa di Universitas Pertamina ini, kedepan akan ada anak Natuna yang masuk di Pertamina dan dapat mengambil kebijakan atau keputusan di tatanan perminyakan Nasional.

Siswandi menjelaskan, pemerintah kabupaten Natuna harus melakukan berbagai upaya dalam bidang pendidikan, salah satunya peningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dikatakannya, trobosan ini dilakukannya bersama Wakil Bupati karena tidak bisa mengharapkan anggaran daerah yang semakin terjun bebas. Sementara, tidak semua anak daerah mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Anggaran daerah ini tidak mampu kalau kita gunakan lagi untuk membiayai anak-anak kita yang kuliah di perguruan tinggi. Oleh karenanya kami membuat trobosan ini bersama pak wakil Bupati,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Operasi Pertamina Foundation Yulius S. Bulo, memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah berjuang untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) Natuna melalui program Strata 1 gratis di berbagai Universitas di Indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi atas upaya keras yang dilakukan pak bupati demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Natuna,” ucapnya.

Sementara itu, Sekda Natuna Boy Wijanarko Varianto yang turut hadir dalam kegiatan penandatanganan MoU tersebut, mengaku sangat berterimakasih kepada pihak Universitas Pertamina Jakarta.

Ia juga mengakui, kerjasama ini terwujud tidak lepas dari kerja keras Bupati dan Wakil Bupati, membuat trobosan baru dalam bidang pendidikan kabupaten Natuna.

“Alhamdulillah, hari ini kita menandatangani kerjasama dengan Universitas Pertamina Jakarta. Semoga kedepan akan ada lagi universitas lainnya yang bisa kita gandeng kerjasama,” sebutnya. (R.PIL)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *