SKK Migas: Peningkatan SDM Hulu Migas  Mandatory Semua Pemangku Kepentingan

Kepala dinas pertambangan dan mineral propinsi Kepulauan Riau. M.Darwin. Menerima cendramata dari SKK Migas

Kupasonline.com– Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, M. Darwin, mewakili Gubenur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, membuka secara resmi Forum Kasitaa Nasional III Tahun 2023 Wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), di Hotel Radison Batam, Kepulauan Riau, Rabu (12/7).

Gubenur Kepri mengapresiasi atas dilaksanakannya kegiatan Forum Kapasitas Nasional III tahun 2023 di Kepri . Selumnya forum Kapasitas Nasional II tahun 2002 untuk wilayah Sumbagut, juga dilaksanakan di Kepri.

Kegiatan ini merupakan wujud nyata bahwa kita semua senantiasa menjalin dan menjaga hubungan silaturahmi melalui penguatan komunikasi untuk menciptakan dan atau meningkatkan multiplier effect dari aktivitas yang tercipta dari forum ini.

Juga gubenur mengharapkan kegiatan operasional hulu migas memberi efek berganda bagi daerah sekitar sehingga memberi kesempatan pada pelaku usaha di daerah untuk ikut serta dalam proses pemenuhan kebutuhan pengadaan barang dan jasa bagi industri yang berkenaan sehingga pada akhirnya akan terjadi percepatan pemulihan ekonomi bagi Provinsi Kepulauan Riau.

” Alhamdulillah saat ini SKK Migas bersama K3S yang beroperasi di Kepulauan Riau telah membina dan meningkatkan potensi perusahaan kecil lokal melalui program kemitraan, pembukaan lapangan kerja dan akses bisnis serta pengembangan industri dalam penunjan usaha kecil dan menengah”. Harap Darwin.

Sebagaimana kita ketahui pada awal pandemi covid 19 ekonomi real sempat terkontraksi sampai minus 6,6% kemudian akhir tahun 2020 mengalami perbaikan sampai minus 3,8 dan syukur alhamdulillah berkat dukungan dan kerjasama kita semua sehingga pencapaian pembangunan pada Tahun 2022 berhasil mengangkat pertumbuhan ekonomi 3,8 pada tahun 2020 menjadi 5,09 pada Tahun 2022 angka ini lebih tinggi dari tahun 2021 dimana tahun 2001 angka pertumbuhan ekonomi sebesar 3,43%

” dalam acara ini kami berharap efek berganda langsung maupun tidak langsung dengan adanya percepatan penyerahan 10% pelipatan BUMD dalam kegiatan pendukung serta pesan-pesan lokal daerah lainnya kebijakan dana bagi hasil yang lebih memperhatikan aspirasi daerah dan peningkatan program CD Caesar bagi masyarakat “. Tutup Darwin.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris SKK Migas Shinta Damayanti, menjelaskan pada saat ini SKK Migas  terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) industri hulu migas di semua sektor, termasuk sektor penunjangnya.

” Peningkatan kapabilitas SDM ini semakin penting, mengingat semakin tingginya investasi industri hulu migas, untuk mengejar target produksi minyak 1 juta barel per hari dan gas 12 miliar kaki kubik per hari tahun 2030.”ujar Shinta.

Ditambahkan Shinta Damayanti, peningkatan kompetensi SDM di industri hulu migas juga tidak bisa ditawar mengingat industri ini bersifat padat modal, padat teknologi tinggi dan memiliki risiko tinggi. Oleh karena itu, kami terus mendorong Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dan juga penyedia barang dan jasa penunjang industri hulu migas di tingkat lokal untuk memutakhirkan kebijakan dan program SDM yang mendukung produktivitas bekerja.

Kegiatan Forum Kapasitas Nasional III Tahun 2023 Wilayah Sumbagut yang juga dihadiri  secara virtual Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor.Kepala Perwakilan SKK Migas Wilaya Sumbagut, Rikky Rahmat Firdaus; Senior Vice President Offshore Asset PT Medco E&P,Ignatius Tenny Wibowo; beberapa pimpinan atau perwakilan KKKS; pelaku usaha penunjang industri hulu migas, termasuk UMKM, serta tamu undangan lainnya, mengangkat tema ‘Peningkatan Kapasitas Daerah melalui Peningkatan Kapabilitas SDM lokal  selama dua hari (12-13 Juli) di Batam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *