Paling Berhasil! 3 Cara Ampuh Untuk Terapi Berhenti Merokok

Paling Berhasil! 3 Cara Ampuh Untuk Terapi Berhenti Merokok
Paling Berhasil! 3 Cara Ampuh Untuk Terapi Berhenti Merokok

KEPRI KUPASONLINE.COM – Bagi anda yang mendambakan untuk bisa menghentikan kebiasaan merocok,artikel inin mungkin yang sedang kamu cari. Kali ini Kupasonline Kepri akan mengulas tentang terapi ampuh yang bisa membuat seseorang perokok berat bisa berhenti merokok. Bagaimana caranya?

Cara ini diambil dari sebuah jurnal Makara Kesehatan Tentang Terapi Berhenti Merokok yang ditulis oleh salahseorang dosen Jurusan Antropoligi Fakultas Ilmu Budaya UNiversitas Gadjah Mada Yogyakarta, Nurhidayati Fawzani.

Dalam jurnalnya ia mengungkapkan ada 3 cara ampuh yang bisa membuat perokok berat berhenti merokok. Ketiganya adalah : metode pengobatan,perubahan prilaku dan dorongan positif.

Metode pengobatan yaitu mencari obat yang bisa menyembuhkan kecanduan terhadap rokok. Setelah dilakukan pencarian, beberapa obat yang bisa digunakan untuk mengubah kebiasaan merokok yang sering diberikan adalah Varenicline, Bupropion atau Cytisine. Namun berbagai jenis tersebut tentu harus dikonsultasikan dulu dengan dokter.

Sementara itu menurut Nurhidayati Fawzani metode yang kedua adalah perubahan perilaku. Metode ini yaitu seseorang berubah tanpa bantuan obat melainkan hanya berhenti begitu saja melalui perubahan perilaku dengan menjauhi dan menghindari rokok. Metode ketiga yaitu dorongan positif artinya memasukkan pikiran dan perilaku positif yang diinginkan.

Ketiga bentuk terapi yang dipilih untuk berhenti merokok dalam pelayanan kesehatan menurut Kleinman termasuk dalam sektor populer, karena informasi pelayanan kesehatan yang dipilih hanya didasarkan atas nasihat teman, keluarga, atau orang awam dan bukan dari kelompok medis.

Keinginan untuk hidup sehat, panjang umur, dan terhindar dari gangguan kesehatan serta penyakit mendorong perokok untuk berhenti dari kebiasaan merokok. Alasan berhenti merokok dapat dipengaruhi oleh faktor kesehatan, keluarga, dan organisasi keagamaan.

Faktor kesehatan terkait dengan munculnya gangguan seperti hipertensi, nyeri dada, demam tinggi, dan batuk. Sementara itu, penolakan dari anggota keluarga terhadap perokok mendorong untuk berhenti merokok, terutama dengan keprihatinan terhadap anak-anak dan pasangan yang mungkin ikut menjadi perokok, serta adanya balita di rumah yang rentan terpengaruh oleh asap rokok.

Faktor keluarga juga menjadi alasan berhenti merokok, karena melihat anak dan istri yang mengikuti jejak merokok, serta adanya balita di rumah yang akan terkena dampak negatif asap rokok. Di sisi lain, faktor organisasi keagamaan juga menjadi faktor penting dalam kehidupan seseorang yang memberikan pencerahan agar menjauhi rokok, karena dampak negatifnya lebih besar daripada dampak positifnya.

Proses berhenti merokok dapat dilakukan melalui berbagai metode, termasuk mencari obat yang dapat menyembuhkan kecanduan terhadap rokok. Untuk mewujudkan program berhenti merokok, keyakinan bahwa mereka mampu untuk berhenti adalah faktor penting.

Kekuatan pikiran sangat menentukan perilaku mereka, dengan adanya niat, tekad, kemauan, dan perubahan perilaku yang mendasari mereka untuk berhenti merokok. Tanpa unsur-unsur tersebut, kebiasaan merokok akan terus dilakukan.

Adanya pengetahuan tentang bahaya merokok yang disebarkan oleh pemerintah dan LSM antirokok diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para perokok untuk berhenti merokok.

Berhenti merokok hanya dapat dilakukan dengan niat, karena tidak ada obat yang dapat menghilangkan kebiasaan itu secara permanen. Dengan bantuan dari orang-orang di sekitarnya, perokok dapat meninggalkan kebiasaan buruknya. Meskipun merokok dianggap menyenangkan oleh banyak orang, berhenti merokok membutuhkan tekad yang kuat dan dukungan dari lingkungan sekitar.

Nah, demikianlah cara ampuh untuk terapi berhenti merokok. Apakah anda tertarik melakukannya dan mengubah hidupmu menjadi lebih sehat. Semua tergantung anda. (*/tin)

Baca Informasi Menarik Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *