Bermitra dengan Pemda Riau,  Ini Inisiatif RAPP dalam Percepatan Penurunan Stunting di Riau

Bermitra dengan Pemda Riau, Ini Inisiatif RAPP dalam Percepatan Penurunan Stunting di Riau
Bermitra dengan Pemda Riau, Ini Inisiatif RAPP dalam Percepatan Penurunan Stunting di Riau

KUPASONLINE.COM – Perkembangan perusahaan swasta di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, berdasarkan data dari laporan yang dicatat oleh pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Riau, saat ini sudah mengalami kemajuan.

Pemda Riau, melalui Gubernur Provinsi Riau, H Syamsuar menyampaikan bahwa perusahaan swasta di Provinsi Riau, berdasarkan hasil penilaian, mampu mengambil peran dalam mendukung pemerintah dalam upaya percepatan penurunan stunting di bumi lancang kuning.

Hal tersebut disampaikan Syamsuar usai acara penilaian kinerja Kabupaten dan Kota dalam pelaksanaan 8 aksi konvergensi percepatan penurunan stunting tahun 2023 di Hotel Aryaduta tepatnya di jalan Diponegoro Kota Pekanbaru pada Kamis, 25 Mei 2023.

Syamsuar menjabarkan beberapa perusahaan besar di Provinsi Riau yang dapat menjadi mitra Pemda dalam memerangi persoalan stunting dan salah satunya adalah PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yang berlokasi di Kabupaten Pelalawan.

Informasi yang disampaikan oleh Syamsuar adalah PT RAPP termasuk perusahaan yang memiliki daerah binaan untuk program penurunan stunting.

“RAPP ada (berperan). Karena mereka termasuk juga ada mendampingi dan mereka juga sudah ada binaannya sesuai wilayah kerjanya. Ada beberapa daerah,” ujar Syamsuar saat ditemui awak media.

Menurut Syamsuar, salah satu peran perusahan di Riau dalam percepatan penurunan stunting adalah melalui CSR.

Pemerintah Provinsi juga sudah ada melakukan kerjasama dengan forum CSR provinsi dan secara langsung mengelompokkan program kerjanya.

“Jadi artinya (sudah dikelompokkan) mana yang perusahaan, mana yang Pemda. Kalau misalnya perusahaan bisa nambah lagi, bisa memberikan bantuan makanan, misalnya vitamin dan sebagainya,” papar Syamsuar.

“Dan banyak hal yang bisa dibagi antara perusahaan, Pemda dan juga Badan Amil Zakat Nasional (Baznas),” lanjutnya.

Sementara itu Health Program Coodinaator RAPP, Purwo Widi Astanto mengatakan, untuk mewujudkan visi April 2030, salah satu komitmen PT RAPP adalah menurunkan angka prevalensi stunting di Riau hingga 50 persen terutama di desa sasaran.

“Untuk mencapai tujuan ini kita melakukan beberapa pendekatan,” ujar Purwo Widi Astanto.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *