Polres Natuna mengikuti Dialog Publik Kemerdekaan Pers dan Perlindungan Jurnalis dari DIVHUMAS POLRI

Wartawan Natuna mengikuti dialok melalui vicon dengan Div Humas Mabes Polri

Kupasonline.com-Polres Natuna bersama Insan Pers, baik dari Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ), Persatuan Jurnalistik Natuna ( PJN ) dan Solidaritas Wartawan Natuna mengikuti secara virtual dari DivHumas Polri dalam rangka Dialog Penguatan Internal Polri guna pemantapan komunikasi publik menuju Polri yang Presisi dengan Tema Kemerdekaan Pers dan Perlindungan Jurnalis. Rabu (31/05/2023 )

Dialog ini dilaksanakan oleh DivHumas Polri, untuk Polres Natuna mengikuti melalui Zoom meeting, bertempat di ruang Vicon Polres Natuna. Kegiatan ini untuk membangun sinergitas dan kebersamaan dengan insan Pers.

Pers memiliki peran yang sangat strategis dalam mensukseskan agenda pembangunan di suatu bangsa. Hal tersebut dikarenakan pers menghadirkan berbagai informasi dan kritik sebagai

kontrol sosial dalam mengawal pembangunan itu sendiri.

Disamping itu, rencana maupun implementasi dari program-program pembangunan perlu disosialisasikan agar diketahui dan pada gilirannya mendapat dukungan dari masyarakat, dimana peran Pers sangat di butuhkan.

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, pada Pasal 6 dijelaskan bahwa peran dari Pers Nasional antara lain:

  1. Memenuhi hak masyarakat untuk mengetahui;
  2. Menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supremasi hukum, dan hak asasi manusia, serta menghormati kebhinekaan;
  3. Mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat,akurat, dan benar;
  4. Melakukan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum;
  5. Memperjuangkan keadilan dan kebenaran.

Nara Sumber pada giat Dialog Publik ini, Dr. Ninik Rahayu, S.H., M.S (Ketua Dewan Pers RI), Irjen.Pol . Victor Theodorus Sihombing, S.I.K., M.Si (Kepala Divisi Hukum Polri), Brigjen. Pol. Djuhandhani Raharjo Puro, S.H (Dirtipidum Bareskrim Polri) DR. Devie Rahmawati M.Hum (Praktisi Komunikasi dan Dosen Program Vokasi Komunikasi UI)

Hadir dalam kegiatan, Kasat Reskrim Polres Natuna Iptu Apridony, SH,.MH, Kasat Samapta AKP Rambunsyah, Kasat Narkoba Iptu Walterpaw Nainggolan, SH, Kasat Binmas Iptu Saidi Manalu, Humas Polres Natuna Aipda David Arviad dan perwakilan wartawan Kab. Natuna yang tergabung dalam PWI, PJN dan Sowan. Ungkap Kasi Humas Aipda David Arviad.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *