Kemenag Buka Penerimaan CPNS dan PPPK 2024 Untuk Posisi Penghulu, Jebolan Jurusan Agama Islam Merapat!

Kemenag Buka Penerimaan CPNS dan PPPK 2024 Untuk Posisi Penghulu, Jebolan Jurusan Agama Islam Merapat!
Kemenag Buka Penerimaan CPNS dan PPPK 2024 Untuk Posisi Penghulu, Jebolan Jurusan Agama Islam Merapat!

KEPRI KUPASONLINE.COM – Nah, bagi kamu yang merasa lulusan agama islam, Pendidikan islam, hukum islam atau manajemen islam, peluang besar sedang menantimu.Saat Kementrian Agama RI membuka peluang untuk penerimaan CPNS an PPPK tahun 2024 untuk posisi sebagai penghulu di kantor KUA di seluruh wilayah Indonesia.

Informasi yang didapat media ini dari laman Resmi Kemenag.go.id, ada 3.641 formasi untuk posisi sebagai penghulu nikah.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kamaruddin Amin mengungkapkan bahwa usulan kuota penghulu tersebut telah disetujui Kemenpan RB. “Artinya, di tahun ini akan ada formasi baru, jumlahnya 3.641 kuota Penghulu Ahli Pertama.

Formasi itu sudah disetujui,” kata Kamaruddin saat membuka Rakornas Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) 2024 di Jakarta, beberapa Waktu lalu.

Menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 9 Tahun 2019 tentang Jabatan Fungsional Penghulu.

Penghulu Ahli Pertama adalah jabatan yang melibatkan pelayanan dan bimbingan nikah atau rujuk, pengembangan kepenghuluan, serta bimbingan masyarakat Islam.

Meskipun belum ada kepastian terkait formasi Penghulu Madya dan Utama, Kamaruddin mengungkapkan optimisme bahwa usulan tersebut akan disetujui.

“Sementara untuk formasi Penghulu Madya dan Utama, sampai hari ini belum ada respons pasti dari Kementerian PAN RB, namun kita optimis usulan kita disetujui,” ungkap Kamaruddin, informasi dikutip dari laman resmi kemenag.go.id.

Kebutuhan akan jabatan penghulu fungsional secara nasional mencapai 16.263 orang, sementara jumlah penghulu yang tersedia saat ini hanya 9.054 orang.

Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Zainal Mustamin, menyampaikan bahwa banyak penghulu yang akan pensiun hingga tahun 2027, mencapai 2.383 orang.

Meski begitu, ia bersyukur karena kuota formasi penghulu untuk tahun ini bertambah.

Seperti yang diketahui,Pendaftaran rekrutmen CPNS dan PPPK 2024 direncanakan akan dibuka pada bulan Juni atau Juli, menurut Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Jadi bagi kamu yang memenuhi kualifikasi untuk berkarir di Kemenag kamu bisa segera incar dan ikuti tesnya.

Persiapkan dirimu dengan baik dan ikuti informasi terkini terkait penerimaan dan tes CPNS dan PPPK. (***)

 

Baca Juga :

 

Baca Berita CPNS dan PPPK Lainnya di Google News 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *